TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK

Tujuan Kompetensi Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik
Tujuan Program Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik secara umum mengacu pada isi Undang Undang Sistem Pendidikan Nasional (UU SPN) pasal 3 mengenai Tujuan Pendidikan Nasional dan penjelasan pasal 15 yang menyebutkan bahwa pendidikan kejuruan merupakan pendidikan menengah yang mempersiapkan peserta didik terutama untuk bekerja dalam bidang tertentu. Secara khusus tujuan Program Keahlian eknik Instalasi Tenaga Listrik adalah membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten.

Kompetensi Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik
Standar kompetensi yang digunakan sebagai acuan pengembangan kurikulum ini adalah Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) pada Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listriki. Standar kompetensi dan level kualifikasi keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik dapat digambarkan sebagai berikut :

Menganalisis rangkaian listrik
Memahami dasar -dasar elektronika
Menggunakan hasil pengukuran
Menerapkan pengukuran komponen elektronika
Menafsirkan gambar teknik listrik
Melakukan pekerjaan mekanik dasar
Menerapkan keselamatan dan kesehatan kerja (K3)
Merawat peralatan rumah tangga listrik
Memperbaiki peralatan rumah tangga listrik
Memperbaiki motor listrik
Memasang instalasi penerangan listrik bangunan sederhana
Memasang instalasi penerangan listrik bangunan bertingkat
Memasang sistem pentanahan instalasi listrik
Memasang instalasi tenaga listrik bangunan sederhana
Memasang instalasi tenaga listrik bangunan bertingkat
Mengoperasikan sistem pengendali elektromagnetik
Mengoperasikan sistem pengendali elektronik
Mengoperasikan peralatan pengendali daya tegangan rendah
Merawat panel listrik dan switchgear
Merawat dan Memperbaiki Pendingin Rumah tangga

Minimnya minat masyarakat terhadap kelistrikan menjadi tantangan tersendiri dalam mendongkrak kualitas listrik Tanah Air.

Kondisi itu sebagaimana tercermin pada data Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Pada 2017, jumlah siswa sekolah menengah kejuruan (SMK) jurusan kelistrikan se-Indonesia sebanyak 991 orang.

Angka itu kalah jauh dibandingkan misalnya, jurusan otomotif dengan 4.001 orang atau bahkan jurusan teknik komputer dan informatika sebanyak 5.522 orang.

Jurusan kelistrikan kalah menarik dibandingkan bidang lain yang lebih populer di masyarakat, utamanya otomotif maupun komputer, terbatasnya lulusan SMK bidang kelistrikan tak selaras dengan kebutuhan tenaga kerja untuk infrastruktur listrik. sedangkan saat ini dunia industri tengah gencar dalam membuka peluang kebutuhan tenaga kerja tenaga listrik, sehingga lulusan smk teknik tenaga listrik sangat berpotensi besar dalam mendapat peluang kerja dalam segala aspek di zaman modern dan perkembangan industri saat ini.

Tujuan Kompetensi Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik adalah membekali peserta didik dengan pengetahuan, keterampilan dan sikap agar kompeten dalam :

  • Menyelenggarakan sistem pendidikan Teknik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik yang berkualitas dan beretos kerja tinggi
  • Mendidik tenaga kerja Teknik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik yang disiplin mempunyai loyalitas yang tinggi
  • Mendidik tenaga kerja Teknik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik yang mampu bersaing baik tingkat nasional, regional, maupun global
  • Menciptakan tenaga Tekinik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik yang mampu berwirausaha
  • Mendidik tenaga terampil di bidang Teknik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik yang mampu menciptakan lapangan kerja
  • Mengembangkan teaching industry Teknik Ketenagalistrikan yang profesional
  • Teaching industry Teknik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik sebagai tempat pelatihan untuk mencetak tenaga kerja yang mandiri
  • Menciptakan tenaga kerja yang terampil sesuai dengan paket keahlian Teknik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik yang dibutuhkan di Dunia Usaha / Dunia Industri
  • Menyalurkan tenaga kerja yang profesional sesuai dengan kebutuhan Dunia Usaha / Dunia Industri

KENAPA HARUS TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK

Sekolah merupakan salah satu sarana penting untuk membawa bangsa ini menjadi negara yang maju. Dengan sekolah kita dapat mendapatkan berbagai ilmu yang dapat kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari kita. Banyak sekali manfaat yang dapat diperoleh dengan sekolah di SMK NEGERI 11 KABUPATEN TANGERANG.

Ada kalanya saat anda bingung ingin melanjutkan sekolah di smk dan bingung memilih jurusan apa. untuk itu kali ini admin menyarankan untuk memilih jurusan listrik. Berikut ini adalah beberapa kelebihan memilih jurusan listrik.

1. Listrik digunakan semua orang

Listrik digunakan oleh hampir semua orang, hal ini akan membuat tingkat kebutuhan teknisi listrik menjadi tinggi. Sebagai contoh jika ada listrik yang mati di suatu rumah maka hal pertama yang akan dilakukan pemilik rumah adalah mencari teknisi listrik.

2. Listrik = elektronika

Jika anda mengambil jurusan listrik maka anda juga akan diajari mengenai dioda, resistor, kapasitor, transistor dan sebagainya. Anda juga akan diajari cara membuat lampu otomatis menggunakan sensor layaknya jurusan elektronika.

3. Dibutuhkan banyak pabrik

Apakah anda pernah melihat pabrik yang tak menggunakan listrik? Saya rasa anda tak akan melihatnya, ini merupakan nilai khusus tersendiri bagi jurusan listrik mengingat pabrik apapun itu entah pabrik otomotif, tekstil, pakaian, makanan, pokoknya semuanya menggunakan listrik dan membutuhkan teknisi listrik.

Semua pilihan ada ditangan anda, admin hanya memberikan sedikit saran untuk anda. Bila anda merasa terbantu dengan artikel ini admin akan sangat merasa senang bila anda menyebarkannya dengan mencantumkan link sumber aktif yang menuju ke artikel ini.